pemasaran
adalah sebuah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari
program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan memelihara
pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan
perusahaan.
Sedangkan
manajemen adalah proses perencanaan (Planning), pengorganisasian (organizing)
penggerakan (Actuating) dan pengawasan.
dari
penjelasan di atas manajemen pemasaran harus mampu merencanakan proses
pemasaran sebuah barang yang meliputi pendistribusian barang, penetapan harga
dan dilakukan pengawasan terhadap kebijakan-kebijakan yang telah dibuat yang
tujuannya untuk mendapatkan tempat dipasar agar tujuan utama dari pemasaran
dapat tercapai.
Manajemen
pemasaran juga harus pintar-pintar memilih target pasar, konsep marketing mix
dan segmentasi pasar agar produk yang ingin di pasarkan dapat diterima oleh
kalangan masyarakat dan dapat menghasilkan keuntungan yang sebanyak banyaknya.
Menurut
penulis yang sama, terdapat lima konsep dalam manajemen pemasaran, yaitu:
1. Konsep
Produksi
Konsep ini
menyatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang terjangkau oleh kemampuan
mereka. Konsep produksi ini merupakan alternatif yang tepat bila menghadapi dua
macam situasi. Pertama, bila permintaan akan suatu produk melebihi pasokan,
sehingga perlu diupayakan peningkatan produksi. Kedua, bila biaya tinggi
sehingga produksi perlu diturunkan sambil melakukan perbaikan produktivitas.
2. Konsep
Produk
Konsep ini
berpegang teguh pada anggapan bahwa konsumen akan menyenangi produk yang
menawarkan mutu, penampilan, maupun keistimewaan dibandingkan produk sejenis.
Karena itu organisasi perlu mengadakan perbaikan-perbaikan produk yang
berkesinambungan.
3. Konsep
Penjualan
Konsep
penjualan menekankan pada anggapan bahwa konsumen tidak akan membeli produk,
jika organisasi tidak melakukan usaha-usaha promosi dan penjualan.
4. Konsep
Pemasaran
Menurut
konsep ini, kunci untuk mencapai keberhasilan sasaran organisasi adalah
kejelian dalam menentukan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran, serta
mengupayakan pemenuhan kepuasan yang lebih baik ketimbang apa yang dilakukan
pesaing.
5. Konsep
Pemasaran Kemasyarakatan
Menurut
konsep ini tugas organisasi berhubungan dengan penentuan kebutuhan, keinginan,
serta minat pasar sasaran dan untuk memberikan kepuasan yang lebih efisien dan
efektif daripada pesaing dengan cara mempertahankan atau meningkatkan
kesejahteraan konsumen dan masyarakat secara keseluruhan.
PERANANPEMASARAN
Peranan pemasaran saat ini tidak hanya menyampaikan produk atau jasa hingga tangan konsumen tetapi juga bagaimana produk atau jasa tersebut dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan menghasilkan laba. Sasaran dari pemasaran adalah menarik pelanggan baru dengan menjanjikan nilai superior, menetapkan harga menarik, mendistribusikan produk dengan mudah, mempromosikan secara efektif serta mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan tetap memegang prisip kepuasan pelanggan.
Peranan pemasaran saat ini tidak hanya menyampaikan produk atau jasa hingga tangan konsumen tetapi juga bagaimana produk atau jasa tersebut dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan menghasilkan laba. Sasaran dari pemasaran adalah menarik pelanggan baru dengan menjanjikan nilai superior, menetapkan harga menarik, mendistribusikan produk dengan mudah, mempromosikan secara efektif serta mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan tetap memegang prisip kepuasan pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar